IBX5A4B886D911B8 Tips Panduan SEO Off Page Terlengkap - My Life Journey - Sunali Agus

My Life Journey - Sunali Agus

Tips Panduan SEO Off Page Terlengkap

Anda merasa upaya SEO On Page seperti optimasi kata kunci saja cukup? Lalu, jadi bingung karena website Anda belum juga jadi nomor satu di SERP? Nah, berarti Anda masih melupakan peran SEO Off Page.

SEO Off Page adalah sebuah optimasi yang fokus pada adanya dukungan luar untuk website. Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Nah, di artikel ini kami bukan hanya akan menjelaskan apa itu SEO Off page tapi juga cara optimasi SEO Off Page dan perbedaan On Page vs Off Page SEO. 

Yuk, simak lebih lanjut!

Tips Panduan SEO Off Page Terlengkap

Apa Itu SEO Off Page?

SEO Off Page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website Anda. Optimasi ini akan mendukung upaya SEO On Page yang berfokus pada perbaikan pada faktor internal website Anda.

Untuk menerapkan teknik SEO Off Page dengan baik, Anda harus menggunakan berbagai platform. Mulai dari website lain, media sosial, hingga forum online.

Singkatnya, SEO Off Page tidaklah cukup hanya dengan melakukan link building seperti yang banyak diyakini. Kami akan menjelaskannya lebih lanjut di bagian Cara Optimasi.


Kenapa SEO Off Page Penting?

Alasannya sederhana: karena SEO Off Page juga ikut menentukan penilaian ranking Anda di Google.

Google sendiri menggunakan banyak faktor untuk menilai suatu website yang meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor tersebut kemudian dihitung dengan formula yang dimiliki Google dan tidak banyak dipublikasikan secara jelas. 

Namun, beberapa riset seperti dilakukan Moz, perusahaan yang bergerak di bidang SEO, menunjukkan bahwa SEO Off Page bisa mempengaruhi hingga 50% penilaian Google. 

Artinya, kalau Anda mengabaikan SEO Off Page karena menganggap SEO On Page itu cukup, maka Anda perlu melakukannya mulai saat ini.

Tak berhenti sampai di sana, SEO Off Page juga bermanfaat untuk membangun kredibilitas website. 

Karena upaya SEO Off Page dilakukan di berbagai platform, maka jika berhasil, website Anda akan semakin sering ditemukan, terutama pada niche market yang relevan. Pada akhirnya, kondisi ini akan  meningkatkan kredibilitas Anda di mata netizen dan Google.

Alhasil, Anda akan lebih mudah mendapatkan rangking tinggi karena sudah dipercayai Google.

Agar lebih jelas, yuk pelajari cara optimasi SEO Off Page di bawah ini.


5 Cara Optimasi SEO Off Page

Berikut ini adalah lima teknik SEO Off Page yang bisa Anda coba:


1. Jalankan Link Building

Cara optimasi SEO Off Page pertama dan terpenting adalah link building. Link building merupakan aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain (backlink).

Backlink merupakan salah satu faktor utama penilaian Google karena banyaknya link dari berbagai website yang relevan menunjukkan bahwa website tersebut adalah sumber terpercaya.

Faktanya, banyaknya backlink pada sebuah website memang akan membuat website tersebut menduduki posisi terbaik di hasil pencarian. 

Website yang berada di ranking pertama rata-rata memiliki 3,8 kali backlink lebih banyak dibanding posisi kedua hingga kesepuluh.

Namun, pastikan bahwa Anda memasang backlink yang berkualitas, ya. Kalau backlink Anda banyak, tapi berasal dari website yang ecek-ecek dan tidak relevan, maka Google akan menganggapnya sebagai spam.


2. Tingkatkan EAT

EAT adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. EAT merupakan salah satu indikator kualitas sebuah website sesuai dengan Search Quality Evaluator. 

Dengan EAT, Google tahu bagaimana harus mempercayai suatu website. Artinya, Google bisa memastikan bahwa hasil pencarian yang ditampilkan adalah yang terbaik dan paling akurat.

E-A-T termasuk faktor SEO Off Page yang penting. Sebab, Google semakin gencar memerangi hoax atau kesalahan informasi di hasil pencarian. Terutama, di bidang kesehatan karena bisa berakibat fatal.

Selain itu, “memberikan hasil yang cepat dan akurat” merupakan nilai jual utama Google. Bila Google tak bisa memenuhinya, tentu orang akan meninggalkannya dan beralih ke mesin pencari lainnya.


3. Perhatikan Local SEO

Bila Anda punya website bisnis, local SEO juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara optimasi SEO Off Page, lho.

Local SEO adalah metode untuk menampilkan bisnis Anda di pencarian lokal Google.

Lalu, kenapa Anda harus memperhatikan local SEO?

Strategi SEO ini mempermudah pelanggan menemukan bisnis Anda karena menampilkan nama bisnis lengkap dengan alamat dan kontaknya.

Selain itu, local SEO juga memungkinkan pengunjung memberikan rating pada pelayanan dan produk bisnis Anda.  

Dengan indikator tersebut, Google akan yakin untuk  merekomendasikan bisnis Anda ke lebih banyak orang. Anda pun akan mendapat lebih banyak pengunjung. Win-win solution!


4. Tingkatkan Engagement di Media Sosial

Apakah Anda sering mempromosikan konten website di media sosial Anda? 

Nah, salah satu praktik content marketing tersebut ternyata bisa berefek tak langsung ke SEO Off Page Anda, lho. Syaratnya, engagement rate seperti jumlah komentar dan likes harus tinggi. 

Menurut riset, semakin tinggi engagement rate pada post tersebut, semakin tinggi pula ranking Anda di Google. 

Aktivitas engagement tersebut akan tercatat di algoritma media sosial dan terus mendorong konten Anda dipromosikan ke pengguna lainnya. Contohnya, melalui feed.

Nah, hal tersebut tentu akan meningkatkan popularitas website Anda. Efeknya, Anda berpeluang mendapatkan backlink, brand mention, hingga review.


5. Manfaatkan Forum Online

Teknik SEO Off Page melalui forum sebenarnya mulai ditinggalkan. Sebab, banyak yang menyalahgunakan forum sebagai spam backlink. Jadi, malah berakibat pada hukuman Google.

Biasanya, pemilik website hanya sekadar memasukkan link website setiap kali membalas komentar tanpa memperhatikan konteksnya. Kadang juga hanya membuat topik hanya untuk promosi website.

Nah, kalau Anda memang ingin menggunakan cara ini, pastikan memberikan link yang relevan dengan pembahasan di forum. Selain itu, Anda harus aktif menjawab pertanyaan dan membuat post yang mengangkat isu terbaru tanpa melulu fokus pada penempatan link. 

Dengan begitu, Anda akan dilihat sebagai ahli oleh anggota forum. Tentunya, hal ini juga berefek positif pada popularitas website Anda dan bisa jadi mereka akan memberikan backlink ke website Anda juga. 


Yuk, Optimasi SEO Off Page Anda!

SEO Off Page adalah upaya penting yang wajib Anda lakukan agar website mendapatkan rangking atas Google. 

Dengan belajar SEO Off Page, kredibilitas website Anda akan meningkat dan rangking Anda di hasil pencarian akan menjadi lebih baik.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda memahami cara optimasi SEO Off Page. Bila ada pertanyaan, Anda bisa meninggalkannya di kolom komentar. Selamat mencoba!


Blogger
Disqus

No comments

Contact form

Name

Email *

Message *