IBX5A4B886D911B8 Inilah Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan File Online - My Life Journey - Sunali Agus

My Life Journey - Sunali Agus

Inilah Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan File Online

Anda sedang mencari cloud storage terbaik? 

Cloud storage adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menyimpan file dengan aman secara online. Namun dengan banyaknya pilihan layanan penyimpanan berkas, Anda pasti bingung mau pilih yang mana, kan?

Jangan khawatir, karena kami telah merangkum 10 aplikasi penyimpanan file gratis dan berbayar terbaik. Semuanya kami ulas berdasarkan fitur, kelebihan, kekurangan, harga, sampai ruang penyimpanan yang ditawarkan.

Tanpa basa-basi lagi, ini dia rekomendasi aplikasi penyimpanan awan terbaik!

Inilah Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan File Online

Inilah Layanan Cloud Storage Terbaik (Gratis dan Berbayar)

Berikut adalah daftar layanan penyimpanan cloud terbaik yang bisa Anda coba:

1. Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud storage yang dikelola oleh Google. Aplikasi penyimpanan cloud gratis ini memungkinkan Anda menyimpan berbagai jenis file (foto, video, musik, dokumen, dll) secara online dan mengaksesnya dari mana saja.

Selain itu, Google Drive juga punya fitur kolaboratif agar Anda bisa berbagi dokumen dan melakukan kolaborasi secara real time. Itu karena Google Drive terintegrasi dengan layanan Google lain seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides.


2. Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan berkas untuk menempatkan, mengakses, dan membagikan file secara online. Anda cukup mengunggah file ke server Dropbox, lalu membukanya melalui website atau aplikasi dari platform yang kompatibel.

Dropbox menawarkan fitur kolaborasi dan versioning, yang memungkinkan Anda berbagi file serta melacak perubahan file tersebut. Selain itu, ada juga fitur sinkronisasi otomatis agar versi terbaru file selalu tersedia di semua perangkat.


3. OneDrive

OneDrive adalah aplikasi penyimpanan file yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan OneDrive, Anda dapat mengakses dan mengelola file kapan saja dari berbagai perangkat, seperti PC, tablet, dan smartphone.

Sebagai produk Microsoft, OneDrive memiliki integrasi yang kuat dengan layanan perusahaan tersebut, seperti Office dan Windows. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat, mengedit, dan mengupload berkas dari platform yang sama.


4. Amazon S3

Amazon S3 (Simple Storage Service) adalah aplikasi cloud storage dari Amazon Web Service (AWS). Salah satu layanan penyimpanan cloud terbaik ini dikenal karena performa andal, keamanan terjaga, serta skalabilitas tinggi.

Dengan Amazon S3 Anda bisa menyimpan, mengelola, dan mendistribusikan file dengan skala yang sangat besar. Amazon S3 juga dibekali kemampuan mengelola file secara otomatis dan melakukan analisis data.


5. iCloud

iCloud adalah aplikasi penyimpanan online gratis dan berbayar milik Apple Inc. Layanan cloud storage terbaik ini memudahkan Anda untuk menyimpan dan menyinkronkan file seperti foto, video, dan dokumen ke semua perangkat Apple.

Selain untuk menyimpan file, iCloud juga dibekali kemampuan menarik lain, misalnya pencadangan data, sinkronisasi pesan, sampai integrasi dengan layanan Apple lain seperti iWork, iTunes, dan Apple Music.


6. Box

Box adalah aplikasi cloud storage online selanjutnya yang bisa Anda gunakan. Layaknya layanan penyimpanan berkas lainnya, Box memungkinkan Anda untuk menyimpan file dan membagikannya ke pengguna lain.

Box membekali dirinya dengan kapasitas penyimpanan yang lega, serta fitur keamanan yang baik guna melindungi data pengguna. Menariknya, Box bisa diintegrasikan ke aplikasi cloud storage terbaik lain, yaitu Google Drive.


7. Mega

Mega adalah aplikasi cloud storage terbaik dengan tujuan untuk menyimpan file online sekaligus memberikan jaminan privasi dan keamanan bagi pengguna. Layanan ini diluncurkan tahun 2013 sebagai suksesor Megaupload yang ditutup pada 2012.

Sebagai layanan penyimpanan cloud yang aman, Mega memungkinkan Anda mengupload file dan membagikannya melalui enkripsi end-to-end otomatis. Bahkan saking amannya, file Anda tidak bisa diintip oleh pihak Mega sendiri.


8. pCloud

pCloud adalah layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan Anda untuk mengakses, menyimpan, dan berbagi file secara online. Dengan pCloud, Anda bisa mengunggah data ke cloud kapan saja dan di mana saja dengan perangkat apa pun.

pCloud menawarkan fitur yang tidak jauh berbeda aplikasi penyimpanan awan terbaik lain yang ada di pasaran. Sebut saja enkripsi data end-to-end, sinkronisasi folder, backup otomatis, dan kontrol akses dari jarak jauh.


9. NextCloud

Nextcloud adalah aplikasi cloud storage open source yang dapat digunakan di berbagai platform. Layanan penyimpanan cloud terbaik ini dirancang untuk memberikan Anda kontrol penuh atas data yang disimpan.

Selain menyediakan versi enterprise, NextCloud juga bisa dapat diinstall secara mandiri di server VPS. Ingin tahu caranya? Gampang, Anda bisa langsung mampir ke panduan install NextCloud di VPS.


10. OwnCloud

OwnCloud adalah layanan penyimpanan cloud terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan file di server milik sendiri maupun pihak ketiga. OwnCloud juga memungkinkan Anda untuk mengakses data via aplikasi desktop dan mobile.

Layaknya NextCloud, Anda juga bisa mencoba cara install OwnCloud di VPS. Dengan begitu, Anda memiliki kontrol penuh terhadap kapasitas ruang untuk menyimpan data, serta memastikan privasi dan keamanan berkas selalu terjaga.


Mana Layanan Penyimpanan Berkas Pilihan Anda?

Aplikasi cloud storage terbaik memungkinkan Anda mengelola file dari mana saja asal terhubung ke internet, tanpa harus menggunakan media penyimpanan fisik seperti hard disk dan flash drive.

Dari daftar di atas, manakah aplikasi penyimpanan file favorit Anda? Share jawabannya di kolom komentar, ya! 


Blogger
Disqus

No comments

Contact form

Name

Email *

Message *