IBX5A4B886D911B8 Inilah Cara Membuat Website Profesional dalam 10+ Langkah Mudah! - My Life Journey - Sunali Agus

My Life Journey - Sunali Agus

Inilah Cara Membuat Website Profesional dalam 10+ Langkah Mudah!

Anda pasti mengklik artikel ini karena ingin tahu cara membuat website, kan? Wajar saja, karena memang website sekarang sudah menjadi kebutuhan, tidak hanya bagi bisnis yang ingin mempromosikan produknya, tapi juga bagi individu yang ingin menampilkan portofolio atau karyanya.

Sayangnya, banyak yang khawatir kalau cara bikin website itu teknis banget. Padahal tidak seperti itu. Itulah mengapa kami akan membahas secara lengkap tutorial membuat website yang ramah pemula. 

Kok bisa ramah pemula? Soalnya, Anda bisa membuat website dari nol tanpa coding sama sekali. Penasaran? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah!

Cara Membuat Website Profesional dalam 10+ langkah mudah

Cara Membuat Website Profesional dalam 10+ Langkah Mudah!

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mulai membuat website:

1. Tentukan Jenis Website yang akan Anda Buat

Sebelum masuk ke cara membuat website lebih jauh, Anda perlu menentukan jenis website seperti apa yang ingin Anda buat. 

Dengan begitu, Anda akan punya konsep website yang lebih jelas. Ini penting karena akan berpengaruh pada pemilihan web hosting, domain, dan tema website tersebut.


2. Pilih Platform Website

Anda bisa bikin situs web tanpa perlu tahu arti coding sama sekali. Anda bahkan tidak perlu mengetikkan kode HTML, CSS atau PHP di dalam tutorial membuat website yang akan dilakukan. 

Kenapa begitu? Selain rumit, cara membuat web dengan langkah tersebut akan memerlukan waktu yang cukup lama. Lagipula, ada kok cara membuat website tanpa coding sama sekali.

Solusinya adalah menggunakan WordPress!


3. Gunakan Jenis Web Hosting yang Tepat

Anda bisa membuat website gratis menggunakan WordPress. Namun, pertimbangkan juga jenis website yang akan dibangun, ya? 

Untuk website pribadi yang jumlah pengunjung belum banyak, tak ada salahnya membuat website gratis. Akan tetapi, untuk website penting seperti toko online atau website perusahaan, ada baiknya Anda mengeluarkan sedikit biaya untuk investasi.

Benar, kami sarankan Anda berlangganan web hosting dengan kualitas yang terbaik dan membeli nama domain unik sesuai dengan website Anda.


4. Pilih Nama Domain yang Menarik

Selain hosting, Anda juga membutuhkan nama domain untuk membuat website.

Mengapa Anda memerlukan domain? 

Secara sederhana, domain adalah alamat untuk website Anda agar orang-orang bisa dengan mudah mengakses website melalui browser. 


5. Install WordPress di Website Anda

Karena WordPress merupakan platform yang direkomendasikan untuk membuat website, maka Anda perlu install WordPress di website Anda. 

Silahkan login ke akun cPanel Anda. 

Lalu pada bagian SOFTACULOUS APPS INSTALLER di cPanel, klik logo WordPress.

Kemudian isi data sesuai dengan website atau blog yang ingin Anda buat.


6. Login ke Dashboard Website WordPress Anda

WordPress yang baru Anda install adalah WordPress versi default. Jadi semua pengaturannya masih dasar sehingga website WordPress Anda akan terlihat sama dengan pengguna baru lainnya. 

Untuk itu, Anda perlu melakukan pengaturan agar bisa menghasilkan website yang optimal.


7. Pasang Tema yang Menarik

Proses instalasi WordPress sudah termasuk pada pemilihan tema. Bedanya, website Anda biasanya otomatis menggunakan tema default WordPress. 

Meskipun tema default WordPress cukup menarik, Anda bisa menggantinya dengan tema yang sesuai desain website yang Anda inginkan. Anda bisa menyimak artikel tips desain website dari kami agar dapat memilih yang terbaik.

Oh ya, ada banyak tema WordPress gratis yang bisa Anda pilih, kok. Yang penting, pastikan memilih tema resmi dan SEO friendly sehingga performa website lebih optimal. Selain itu, hindari penggunaan tema bajakan yang bisa membahayakan website Anda.


8. Memasang Plugin WordPress

WordPress dikenal sebagai content management system dengan banyak plugin untuk membuat website makin optimal. Berbeda dengan tema, umumnya website WordPress baru tidak memiliki plugin default. 

Karena plugin penting untuk menambah fungsi website, maka instalasi plugin kami masukkan ke langkah cara membuat website ini. 

Silahkan install plugin sesuai yang Anda butuhkan dan inginkan dalam membuat website atau blog Anda nantinya.


9. Membuat Halaman Website

Sesuai dengan pengaturan yang Anda gunakan, akses ke nama domain akan menuju ke halaman tersebut. Umumnya, tema bawaan akan mengarahkan ke halaman blog. 

WordPress sendiri memiliki konten berupa posts dan pages. Posts berupa artikel di blog dan page berupa halaman situs sesuai kebutuhan.

Nah, tinggal sesuaikan halaman website seperti Apa saja nantinya yang perlu Anda tampilkan di website dan blog Anda.


10. Mengatur Menu Website

Cara membuat website tak lengkap tanpa mengatur menu-menu di website tersebut. Dengan menu yang rapi, user experience pengunjung akan menjadi lebih baik. Sebab, akan memudahkan mereka mengakses halaman situs dengan mudah. 


Nah, jika website Anda sudah jadi, maka langkah selanjutnya yang perlu dan bisa Anda lakukan:

11. Optimasi SEO Website Anda

Anda tentunya ingin website Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, kan? Untuk itu, pastikan Anda juga belajar SEO sekaligus mempraktikkannya di website Anda.

Caranya gampang kok, untuk permulaan, Anda bisa mulai dengan cara:

- Membuat Sitemap 

Sitemap adalah sebuah daftar dari halaman website yang dapat diakses oleh user dan search engine. Fungsi sitemap adalah untuk memberi petunjuk ke user dan search engine mengenai semua halaman yang dapat diakses di website tersebut.

Ada beberapa cara membuat sitemap, yaitu menggunakan Yoast SEO dan Sitemap XML. 

- Ubah Permalink

Secara default, WordPress menghasilkan struktur permalink yang cukup panjang. Struktur default tersebut berupa tanggal serta nama URL. 

Permalink yang disukai oleh Google mengandung judul atau keyword. Kemudian, permalink yang lebih pendek akan memberikan performa yang lebih baik lagi. Ketika menentukan permalink, kami menyarankan agar Anda menggunakan Post Name.

- Install Plugin SEO

Plugin SEO memudahkan Anda untuk melakukan optimasi SEO di website. Salah satu plugin SEO yang wajib Anda install adalah Yoast SEO.

Plugin ini dapat membantu Anda untuk menambahkan SEO title dan meta deskripsi untuk postingan dan laman website.


Disamping itu, hal lainnya yang perlu Anda lakukan yaitu

12. Perkuat Lapisan Keamanan Website Anda

Pengaturan keamanan default WordPress masih dasar sehingga diperlukan berbagai langkah optimasi agar website jadi lebih aman. Jangan sampai website Anda terkena serangan hacker, virus, malware, bruteforce attack, atau serangan berbahaya lainnya.

Ada banyak tips keamanan WordPress yang perlu Anda lakukan. Dari menggunakan password rumit, menginstall plugin keamanan, mengubah URL login, hingga mengamankan file dan database.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan backup secara rutin untuk menghindari kehilangan data-data penting website. Backup bisa Anda lakukan secara otomatis dengan memasang plugin backup seperti UpdraftPlus.


Sudah Siap Membuat Website dengan Domain Sendiri?

Selamat! Anda telah berhasil membuat website dengan domain sendiri menggunakan WordPress! Kini yang perlu Anda lakukan adalah mengisi website dengan konten-konten terbaik agar Anda bisa segera menikmati berbagai manfaat website, baik untuk bisnis Anda atau diri Anda sendiri.

Namun, jangan lupa, konten ciamik perlu didukung dengan performa website yang jempolan. 

Nah, kalo soal performa website, domain dan hosting menjadi kuncinya. Jangan salah pilih penyedia hosting! Pastikan pilih hosting yang aman dan terpercaya.


Blogger
Disqus

No comments

Contact form

Name

Email *

Message *