IBX5A4B886D911B8 5 Penemuan Unik di Dunia | Sederhana Tapi Luar Biasa - My Life Journey - Sunali Agus

My Life Journey - Sunali Agus

5 Penemuan Unik di Dunia | Sederhana Tapi Luar Biasa

Semakin maju dan berkembang suatu zaman, maka semakin beragam kebutuhan dan perubahan yang diperlukan. Oleh karena itu, berbagai penelitian terus dilakukan. Beragam percobaan, tak pernah berhenti dikerjakan. Berikut adalah 5 penemuan unik yang ada di dunia :





1.) Ilmuwan sukses ciptakan jaringan satelit kuantum pertama


Keterikatan kuantum dapat memungkinkan komunikasi instan antara dua titik, 
tidak peduli jaraknya.

Apakah anda suka jika partikel anda terjerat? Sekelompok ilmuwan asal China berhasil menggunakan satelit kuantum yang disebut Micius untuk mentransmisikan foton yang saling terjerat - partikel cahaya - menempuh jarak 1.200 kilometer.

Dua partikel yang saling terjerat itu menunjukkan sifat yang sama, seperti putaran, posisi dan momentum, tidak peduli berapa jarak yang terentang diantara keduanya - yang berarti perubahan pada satu partikel juga akan mempengaruhi yang lain.

Hal ini dapat memungkinkan terciptanya jaringan komunikasi yang berpotensi terjadi secara seketika dan tidak terputus yang telah dicoba oleh para periset di seluruh dunia.

2.) Kertas Kado Spesial


Siapa sangka timbul pemikiran seperti ini, untuk membuat kado sebagai hadiah dengan bungkus spesial dan unik. Yaitu anda bisa menuliskan nama yang anda tuju melalui huruf-huruf alphabet yang tertata secara acak. Anehnya hampir semua kata ada diatas kertas kado ini.

Jadi, kamu bisa menggunakan kertas ini dengan menegaskan pesan apa yang ingin kamu sampaikan. 


3.) Bowlingual Voice/Penerjemah Bahasa Anjing


Dengan semakin berkembangnya hubungan antara manusia dan hewan kesayangan, maka terlintas ada keingintahuan terhadap apa yang sering dirasakan oleh hewan kesayangan.

Keita Sato (Presiden Takara Co), Dr. Matsumi Suzuki (Presiden Japan Acoustic Lab), dan Dr. Norio Kogure  (Direktur Eksekutif  Rumah Sakit Kedokteran Hewan Kogure), bekerjasama membuat alat berbasis komputer yang dinamakan dengan Bowlingual Voice (penerjemah bahasa anjing), yang dengan otomatis dapat menerjemahkan bahasa anjing.





Alat ini terdiri dari dua set mikrofon nirkabel yang yang dikalungkan pada leher anjing, dan handset walkie-talkie dengan layar LCD. Gonggongan anjing yang dikirim ke handset, dan dianalisis serta diterjemahkan dalam salah satu dari enam kategori emosional yaitu senang, sedih, waspada, frustrasi, membutuhkan sesuatu, dan ekspresif. Setelah keadaan emosi yang tepat ditentukan, bowlingual secara acak memilih frase yang cocok dengan kategori tersebut dan menampilkannya di layar. 

Ini adalah awal, untuk tercipta alat-alat penerjemah bahasa binatang di masa depan, baik itu untuk hewan golongan ikan, burung, reptil, serangga, dan lain-lainnya. Keren bukan ?

4.) Clocky Jam Alarm Yang Menjauhi Anda


Gauri Nanda (Massachusetts Institute of Technology) menciptakan alat yang diberi nama Clocky, yaitu suatu jam alarm yang dapat melarikan diri dan bersembunyi untuk membangunkan orang yang memilikinya, sehingga mau tidak mau dia harus bangun dari tempat tidur tepat waktu. 

Biasanya bila alarm berbunyi anda masih dapat mematikan alarm dan kembali melanjutkan tidur. Tapi lain dengan Clocky jika anda tidak langsung bangun, Clocky yang dilengkapi dengan roda bergerigi akan melompat dari tempat awal anda menaruhnya dan tanpa berpikir akan menabrak benda-benda sampai ia menemukan tempat untuk bersembunyi. 

Sekali lagi, mau tak mau teman-teman harus bangun dan keluar dari tempat tidur untuk mematikan alarmnya. AnehnyaClocky akan menemukan tempat baru setiap hari, seperti permainan petak umpet.

5.) Sebuah pulpen yang bisa berganti-ganti warna

Kalau biasanya pulpen hanya berwarna merah dan biru, kali ini ada penemuan pulpen yang bisa mengeluarkan tinta warna apa saja. 

Tergantung benda berwarna apa yang kamu tempelkan ke pulpen ini. Kalau pulpen ini ditempelkan ke anggur, otomatis tinta yang akan dihasilkan akan berwarna ungu. Kayanya kita butuh nih pulpen yang kayak gini, biar warnanya bervariasi.

Berikut adalah contoh ketika pulpen ini ditempelkan pada buah jeruk.

Bagaimana teman? Keren bukan? Penemuan-penemuan unik terus bermunculan setiap waktu, sudahkah kita berpikir untuk menemukan sesuatu yang baru?

* : Tulisan diambil dan dirangkum dari berbagai sumber.




Blogger
Disqus

No comments

Contact form

Name

Email *

Message *