IBX5A4B886D911B8 IP #336 "Tuma'ninah yang sering ditinggalkan terutama ketika Ramadhan." - My Life Journey - Sunali Agus

My Life Journey - Sunali Agus

IP #336 "Tuma'ninah yang sering ditinggalkan terutama ketika Ramadhan."


Kenapa saya tulis ini ? Ya, karena banyak teman-teman yang setara dengan saya.

Ada yang sudah tahu mengenai "Tuma'ninah", Ada juga yang tidak tahu mengenai Tuma'ninah.

Kedua, ada juga yang menjadi Putra Putri Kyai di Pondok Pesantren, Punya Yayasan, atau Minimal dekat dengan Kyai atau Ustadz,...

Ketiga, sebagai reminder dan pengingat buat saya juga. Bahwa sholat itu ada aturannya. Ada fiqhnya. Nah, salah satu yang penting, adalah rukunnya. Termasuk rukun ketika sholat.

Keempat, semakin banyak teman-teman sepantaran/seusia dengan saya dan dibawah saya yang berlomba mana yang tercepat. Tanpa mempedulikan ini.

Kelima, banyak yang sudah tahu. Tapi ternyata tetap saja tak mengamalkan. Apalagi ketika jadi imam atau ketika sholat sendirian.

Ke enam dan seterusnya. Mari bisa ngopi, bersilaturrahim, duduk-duduk, dan saling mengingatkan dengan penuh hikmah dan kesantunan. Tanpa ada cacian, dan kata-kata negatif.

Berikut, salah satu hadist Nabi Muhammad saw., mengenai "Tuma'ninah" :
. .
إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَكَبِّرْ ثُمَّ اقْرَأْ مَا تَيَسَّرَ مَعَكَ مِنْ الْقُرْآنِ ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَعْتَدِلَ قَائِمًا ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ افْعَلْ ذَلِكَ فِي صَلَاتِكَ كُلِّهَا
. .
Jika Anda hendak mengerjakan shalat maka bertakbirlah, lalu bacalah ayat al Quran yang mudah bagi Anda. Kemudian rukuklah sampai benar-benar rukuk dengan tumakninah, lalu bangkitlah (dari rukuk) hingga kamu berdiri tegak, setelah itu sujudlah sampai benar-benar sujud dengan tumakninah, lalu angkat (kepalamu) untuk duduk sampai benar-benar duduk dengan tumakninah, setelah itu sujudlah sampai benar-benar sujud, Kemudian lakukan seperti itu pada seluruh shalatmu.

(HR Bukhari 757 dan Muslim 397 dari sahabat Abu Hurairah)
Blogger
Disqus

No comments

Contact form

Name

Email *

Message *